Menu

Apresiasi Karya Anak Bangsa di Hari Musik Nasional

Apresiasi Karya Anak Bangsa di Hari Musik Nasional

Apresiasi Karya Anak Bangsa di Hari Musik Nasional

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa setiap bulan Maret kita memperingati Hari Musik Nasional.

Peringatan ini sebenarnya bertujuan untuk mengapresiasi karya-karya anak bangsa, meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi yang bertujuan agar musik Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik secara nasional maupun internasional.

Selain itu, peringatan hari musik setiap tahun juga dilakukan untuk menjaga kebudayaan bangsa yang sedikit demi sedikit mulai tergerus oleh kemajuan teknologi serta pengaruh budaya luar.

Hari Musik Nasional, gambaran rasa cinta terhadap musik

Peringatan ini dilakukan pada tanggal 9 Maret, tapi bukan merupakan hari libur nasional. Hari Musik Nasional diperingati oleh seniman maupun non seniman untuk menunjukkan kecintaan terhadap seni dan budaya Indonesia.

Dukungan terhadap perkembangan musik nasional juga ditunjukkan oleh pemerintah, dalam hal ini dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Memang dampak dari Kepres dan peringatan nasional tersebut belum terutama di kalangan masyarakat umum secara keseluruhan. Namun berbagai upaya terus dilakukan oleh para seniman di Indonesia, salah satunya dengan melakukan sosialisasi secara terus menerus melalui televisi, radio atau media cetak.

Menurut mantan vokalis band cokelat, Kikan tanggal 9 Maret bukan hanya hari peringatan untuk musik nasional tapi seharusnya dimaknai lebih dalam dan luas sehingga musik tradisional pun juga lebih diperhatikan.

Tak hanya musisi saja yang turut serta memperingati hari musik nasional ini. Bahkan seperti disampaikan oleh ketua PAPPRI Tantowi Yahya, Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Republik Indonesia (PAPPRI) menghimbau kepada televisi serta radio hanya menayangkan dan memutar lagu-lagu Indonesia.

Bukan hanya sosialisasi, sejumlah pagelaran dan lomba lagu daerah juga turut diselenggarakan oleh berbagai musisi di sejumlah anjungan 34 Provinsi yang berada di TMII atas kerjasama PAPPRI dengan Kemenparekref dan TMII.

Sejarah Hari Musik Nasional

Sebenarnya Hari Musik Nasional sudah lama dicanangkan oleh Presiden Indonesia terdahulu yaitu Megawati Soekarnoputri. Atas desakan dari para seniman, pencipta lagu dan penata rekaman Indonesia (PAPPRI) keputusan itu dibuat, walaupun memang Presiden tidak mengeluarkan keputusan resmi seperti yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejarah dari suatu hari penting memang menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri lebih dalam. Pemilihan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional adalah karena tanggal tersebut merupakan hari kelahiran dari sang komposer bersejarah Wage Rudolf Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan kita.