Menu

14 Artis yang Pernah Terjerat Narkoba

Narkoba memang bisa menjerat siapa saja, dari orang miskin sampai orang kaya, dari orang biasa sampai artis pun bisa menjadi pecandu barang haram tersebut. Semua orang yang tidak membentengi diri mereka dengan baik akan mudah terjerat dan menjadi pecandu narkoba.

Di kalangan artis pun demikian, setidaknya sampai saat ini sudah puluhan artis Indonesia yang harus berurusan dengan pihak berwajib karena tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkoba.

Terakhir adalah bintang sinetron Roger Danuarta yang akhirnya dibawa ke Polsek karena pingsan di dalam mobilnya dengan sebuah jarum suntik masih tertancap di lengannya.

Di awal tahun 2013 yang lalu, media nasional juga ramai membicarakan penggerebekam rumah artis Raffi Ahmad di kawasan Lebak Bulus. Meski Raffi akhirnya dibebaskan setelah beberapa lama menjadi tahanan Badan Narkotika Nasional (BNN), fakta ini tetap membuktikan bagaimana dekatnya narkoba dengan popularitas seseorang.

Anwar Fuady yang pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Artis Sinetron (PARSI) mengatakan banyak artis terutama yang masih muda yang terjerat narkoba karena kebiasaan menikmati gemerlapnya dunia malam. “Godaan untuk menikmati narkoba sangat kuat,” ujar Fuad.

Berdasarkan catatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber, hingga kini setidaknya terdapat puluhan artis Indonesia yang terjerat narkoba. Ada yang lolos dari jerat hukum dan ada juga yang akhirnya harus mendekam di penjara selama beberapa tahun.

Berikut ini 10 artis yang diketahui terjerat narkoba:

1. Ria Irawan

Ria Irawan terjerat narkoba tahun 2005

Ria Irawan terjerat narkoba tahun 2005

Pada tahun 2005 yang lalu, publik dikejutkan dengan penggerebekan yang dilakukan oleh BNN di sebuah diskotek di Jakarta Selatan. Setidaknya terdapat 8 orang selebriti Indonesia yang terjaring dalam penggerebekan itu, salah satunya adalah Ria Irawan.

Dari hasil tes urin, diketahui hanya Ria Irawan yang positif menggunakan narkoba. Ria akhirnya dibebaskan polisi dan hanya dikenakan wajib lapor saja.

Keterlibatan Ria Irawan dengan narkoba bukan kali ini saja, tahun 1993 yang lalu, Rivaldi Soekarno, seorang kawan Ria Irawan meninggal di rumahnya karena over dosis.

2. Roy Marten

Roy Marten divonis tiga tahun penjara.

Roy Marten divonis tiga tahun penjara.

Aktor senior ini sudah dua kali tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkoba. Terakhir Roy dibekuk saat berpesta shabu di sebuah hotel di Surabaya pada tahun 2007.

Sebelumnya Roy Marten ditangkap satu tahun sebelumnya dan karena mengaku telah bertaubat Roy diikutkan dalam sebuah kampanye penanggulangan Narkoba di Surabaya. Sayangnya, dua hari kemudian Roy ditangkap lagi dan dijatuhi vonis tiga tahun penjara.

3. Sheila Marcia

Foto Sheila Marcia narkoba

Foto Sheila Marcia narkoba

Bersama empat temannya, Sheila Marcia tertangkap tangan sedang pesta narkoba di apartemen Pluit, jakarta Utara pada tanggal 7 Agustus 2008 dan dipenjara selama satu tahun.

Sayangnya pada tanggal 7 September 2009, Sheila kembali tertangkap dan harus menuntaskan masa tahanannya dengan perut yang membuncit karena hamil. Sheila akhirnya bebas pada tahun 2010.

4. Jennifer Dunn

jennifer dunn narkoba

Jennifer Dunn empat tahun penjara karena narkoba

Jennifer Dunn adalah salah seorang pesinetron muda yang sedang naik daun. Pada bulan Oktober 2009, Jennifer tertangkap sedang menggunakan narkoba dan wajib menjalani masa tahanan selama empat tahun. Kasus tersebut sempat juga menyeret Vicky Nitinegoro namun Vicky akhirnya hanya menjadi saksi.

5. Achmad Albar

Achmad Albar 8 bulan penjara

Achmad Albar 8 bulan penjara

Musik dan narkoba memang selalu hidup berdampingan. Meski tidak semua tapi beberapa penyanyi telah tertangkap tangan sedang menggunakan narkoba, salah satunya adalah Achmad Albar.

Achmad Albar diduga adalah pemilik ekstasi sebanyak 490 ribu butir. Saat itu Achmad menampung seorang kawannya yang menjadi buronan polisi. Achmad Albar kemudian divonis delapan bulan penjara karena terbukti menyembunyikan buronan dan menggunakan obat psikotropika.

6. Sammy ‘Kerispatih’

Sammy kerispatih narkoba

Sammy kerispatih narkoba

Vokalis grup band Kerispatih ini tertangkap tangan sedang berpesta shabu di sebuah rumah kos elit di Kuningan. Sammy dituntut penjara lima tahun namun majelis hakim hanya memvonisnya satu tahun dan wajib mengikuti program rehabilitasi. Keluar dari penjara Sammy akhirnya keluar juga dari Kerispatih dan memilih bersolo karir.

7. Yoyo ‘Padi’

Yoyo padi dipenjara 1 tahun

Yoyo padi dipenjara 1 tahun

Mantan suami artis cantik Rossa ini tertangkap polisi pada tanggal 27 Februari 2011, saat sedang pesta shabu-shabu. Yoyo akhirnya mendekam dalam tahanan BNN selama satu tahun.

8. Iyut Bin Slamet

Iyuth Bin Slamet narkoba

Iyuth Bin Slamet narkoba

Mantan penyanyi cilik era tahun 80-an ini tiba-tiba mencuat setelah tertangkap menguasai sebuah paket shabu seberat 0,4 gram. Iyut bin Slamet kemudian divonis bersalah dan dipenjara selama satu tahun.

9. Fariz RM

Fariz RM 5 gram ganja

Fariz RM 5 gram ganja

Penyanyi senior ini juga pernah berurusan dengan pihak kepolisian dalam kasus kepemilikan ganja. Fariz di tangkap pada tanggal 28 Oktober 2007 dengan barang bukti 5 gram ganja. Musisi senor itu akhirnya divonis delapan bulan penjara dan wajib mengikuti program rehabilitasi di Cibubur.

10. Gary Iskak

Gary Iskak 8 bulan penjara karena shabu

Gary Iskak 8 bulan penjara karena shabu

Gary ditangkap pada 21 September 2007 karena memiliki satu buah paket shabu seberat 0,3 gram. Gary mengakui perbuatannya tersebut dan akhirnya dipenjara selama 8 bulan.

11. Revaldo

Revaldo narkoba

Revaldo narkoba

Pesinetron ini tercatat dua kali berurusan dengan pihak berwajib dengan kasus yang sama yaitu narkoba. Pertama kali ditangkap pada tahun 2006 karena kedapatan memiliki shabu, ekstasi dan ganja. Revado divonis penjara dua tahun.

Kasus kedua yang menjerat artis ini terjadi pada tanggal 20 Juli 2010 karena memiliki shabu sebanyak 62 gram dan ganja.

12. Andika ‘Kangen Band’

Andika 'Kangen Band' narkoba

Andika ‘Kangen Band’ narkoba

Setelah beberapa lagunya menjadi top hits dan hijrah ke Jakarta, vokalis kangen band ini akhirnya terjerat narkoba. Keluar dari grup band yang membesarkan namanya itu tidak lantas membuatnya berhenti.

Pada tanggal 11 Maret 2011 Andika tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkotika jenis ganja. Dia kemudian divonis satu tahun penjara.

13. Doyok

Doyok penjara 1 tahun karena narkoba

Doyok penjara 1 tahun karena narkoba

Doyok adalah seorang pelawak dan juga penyanyi yang pernah ngetop pada tahun 1980-an. Sahabat komedian Kadir ini kedapatan sedang mengkonsumsi shabu sebanyak 0,3 gram. Doyok akhirnya dipenjara selama satu tahun pada tahun 2000.

14. Roger Danuarta

Roger Danuarta narkoba

Roger Danuarta pingsan karena narkotika

Roger adalah salah satu pesinetron Indonesia yang pernah aktif bermain di beberapa judul film dan menjadi model iklan komersial. Di awal tahun 2014 ini, Roger kedapatan pingsan di dalam mobilnya sendiri dengan sebuah jarum suntik masih tertancap di lengannya.

Roger mengaku bersalah dan meminta maaf kepada para fansnya. Kasus ini masih berjalan dan dalam proses pihak yang berwajib.

Masih banyak lagi kasus-kasus serupa yang menjerat para artis kita. Beberapa diantaranya lolos dari jeratan hukum dan luput dari pemberitaan media seperti Krisdayanti dan Kaka ‘Slank’. Baik Krisdayanti dan Kaka saat ini mengaku sudah bersih dan tidak lagi menggunakan barang haram tersebut.