Menu

Ayu Azhari Piawai Memasak Makanan Khas Bangka

Ayu Azhari memasak lempah kuning

Ayu Azhari memasak lempah kuning

Jika anda penggemar kuliner tradisional, ada baiknya anda mencoba makanan khas pulau Bangka bernama Lempah Kuning. Demikian ujar penyanyi dan bintang film Ayu Azhari yang mengaku gemar memasak Lempah Kuning sebagai makanan saat sahur di bulan puasa.

“Saya selalu memasak Lempah Kuning untuk anak-anak saya karena memiliki nutrisi yang sangat tinggi,” ujar Ayu. Menurut mantan bintang film panas ini, Lempah Kuning perlu diperkenalkan ke masyarakat luas agar Bangka juga mempunyai ikon kuliner yang dikenal masyarakat.

“Menurut saya Bangka memiliki potensi kuliner yang sangat bagus dan perlu dipopulerkan ke masyarakat umum, jadi ke depannya semoga banyak masyarakat datang ke Bangka untuk berburu kuliner nikmat ini,” tambahnya.

Sebelum memperkenalkan Lempah Kuning ke masyarakat luas, Ayu mengaku terlebih dahulu memperkenalkan masakan ini ke anak-anaknya. “Anak-anak saya dari kecil sudah saya perkenalkan dengan berbagai makanan khas Indonesia agar kelak mereka mencintai kuliner Indonesia,” terang Ayu Azhari.

Istri Mike Tramp ini mengaku menjadikan Lempah Kuning sebagai masakan andalannya selama bulan puasa tahun ini. “Makanan ini selalu saya siapkan untuk anak-anak di rumah tapi saya kurangi cabainya supaya tidak terlalu pedas,” ujarnya. Menurut Ayu, proses pembuatan Lempah Kuning tidak rumit, bahan-bahannya juga mudah ditemukan.

“Bahan utama adalah ikan Tenggiri atau Salmon, cabai merah, terasi Bangka, garam, nanas, kunyit dan lengkuas. Cara membuatnya mudah, bumbu-bumbu dihaluskan kemudian masukkan ke dalam air mendidih.” terang Ayu Azhari.

Lempah kuning Bangka ala Ayu Azhari

Lempah kuning Bangka ala Ayu Azhari

Menurut Ayu, protein dalam masakan Lempah Kuning sangat tinggi terutama bahan utamanya yakni Ikan Tenggiri. “Ikan tersebut sangat baik untuk perkembangan otak anak,” tambah Ayu. Bukan hanya ke anak-anaknya saja, Ayu Azhari juga selalu menghidangkan Lempah Kuning buat suaminya. “Wah, waktu ke Bangka, dia malah nambah,” ujar Ayu sambil tertawa.

Selain bekerja di industri perfilman, Ayu Azhari juga memiliki bisnis kuliner. Beberapa tahun belakangan ini, Ayu Azhari yang pernah diperiksa KPK dalam sebuah kasus korupsi mengaku memulai bisnis restoran bersama adiknya di kawasan puncak, Jawa Barat. Terakhir Ayu Azhari juga memiliki restoran khas makanan bangka yang bernama Kampoeng Bangka yang terletak di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.