Menu

Terlibat Kasus Suap, Kakak Saipul Jamil Ditetapkan Tersangka Oleh KPK

Kakak Saipul Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh KPK

KPK telah menahan kakak Saipul Jamil yang bernama Samsul Hidayatullah usai diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian suap kepada panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Samsul diamankan dalam sebuah Operasi Tangkap Tangan atau OTT oleh KPK pada 15 Juni 2016 bersama dengan Panitera PN Jakut yang bernama Rohadi.

Pemberian suap disinyalir sebagai upaya agar majelis hakim yang menangani perkara mantan suami Dewi Persik tersebut dapat mengurangi masa hukuman dari tuntutan yang diajukan oleh jaksa penuntut umum.

Kakak Saipul Jamil ditahan di rumah tahanan Kelas I di Jakarta Timur cabang gedung KPK yang terletak di Detasemen Polisi Militer Jaya Guntur, sedangkan 3 tersangka yang lain juga telah dilakukan penahanan di 3 tempat yang berbeda.

Berthanatalia Ruruk Kariman yang merupakan pengacara dari Saipul bersama Rohadi ditahan di rumah tahanan Kelas I Jakarta Timur cabang gedung KPK, sedangkan ketua dari tim pengacara Saipul yaitu Kasman Sangaji ditahan di rutan Polda Jakarta Pusat.

Ketua KPK yaitu Agus Rahardjo menjelaskan bahwa KPK masih akan terus mengembangkan kasus ini selain pada 4 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, termasuk kepada majelis hakim yang telah menangani perkara.

Tetapi menurut Agus beberapa bukti masih belum menunjukkan keterkaitan hakim dan juga panitera.

Majelis hakim PN Jakarta Utara yang diketuai oleh Ifa Sudewi telah memvonis Saipul Jamil pada tanggal 14 Juni 2016 selama hukuman 3 tahun penjara, karena dinilai telah terbukti melakukan pencabulan pada anak berdasarkan pasal 292 KUHP tentang perbuatan pencabulan terhadap sesama jenis.

Padahal jaksa penuntut umum telah menuntut Saipul supaya dipenjara selama 7 tahun berdasarkan pasal 82 UU Perlindangan Anak dan alternatif dakwaan ke 2 yaitu Pasal 290 KUHP.

KPK dalam kasus ini sudah menetapkan 4 orang tersangka yaitu penerima bernama Rohadi dengan sangkaan UU No 20 tahun 2001 pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP yang berisi tentang penyelenggara negara yang menerima suap dengan ancaman pidana paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun ditambah denda paling sedikit yaitu Rp50 juta dan paling banyak sampai Rp250 juta.

Sedangkan tersangka lainnya yaitu Kasman Sangaji, Berthanatalia Ruruk Kariman dan kakak Saipul Jamil disangkakan dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa orang yang memberikan suap kepada penyelenggara negara dengan ancaman pidana paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun, serta ditambah denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak sampai Rp250 juta.

Apakah Saipul Jamil juga akan dijadikan tersangka di kasus tersebut? kita tunggu hasil penyidikan KPK.