Menu

Saipul Jamil Resmi Dijatuhi Vonis Atas Kasus Pelecehan

Saipul Jamil Resmi Dijatuhi Vonis Atas Kasus Pelecehan

Salah satu artis ternama Indonesia yang dikenal sebagaiĀ  penyanyi dan komentator di ajang pencarian bintang dangdut, Saipul Jamil, akhirnya resmi dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara oleh majelis hakim.

Mantan suami Dewi Persik tersebut menjadi tersangka utama dalam kasus pelecehan terhadap remaja pria. Ifa Sudewi selaku majelis Hakim Ketua menjatuhkan vonis tersebut berdasarkan ketentuan Pasal 292 KUHP.

Dibandingkan dengan tuntutan dari JPU yang menjatuhi vonis selama tujuh tahun penjara, jelas vonis tersebut jauh lebih ringan.

Isi dari vonis hukuman terhadap Saipul Jamil di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Selasa, 14 Juni 2016 yang dibacakan oleh Ifa Sudewi yaitu menyatakan bahwa terdakwa Saipul Jamil bersalah melakukan perbuatan cabul terhadap anak yang belum dewasa dengan jenis kelamin yang sama.

Hakim menjatuhkan pidana dengan pidana penjara tiga tahun. Masa tahanan selama ini akan dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan. Terdakwa akan tetap ditahan.

Sesaat sesudah vonis tersebut dibacakan, baik pihak Jaksa maupun Ipul sama-sama berpikir untuk mengajukan banding.

Ifa mengungkapkan bahwa jika kedua pihak masih menimbang-nimbang vonis yang telah diputuskan, maka vonis tersebut belum memiliki kekuatan hukum tetap.

Pelecehan yang dilakukan oleh Saipul Jamil terhadap remaja pria yang sekaligus merupakan asistennya terjadi pada 18 Februari ketika remaja pria tersebut menginap di rumah Ipul yang berlokasi di kawasan Kelapa Gading.

Meskipun dirinya telah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Jakarta Utara, namun keluarganya menganggap hal tersebut hanyalah sebuah keironisan semata dan merasa terheran-heran atas keputusan vonis hukuman dari hakim.

Saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada hari Selasa, 14 Juni 2016, sang kakak dari Saipul Jamil, yakni Sholeh Kawi mengatakan bahwa kasus yang menimpa Ipul tidak memiliki saksi maupun fakta.

Sebelum berlangsungnya sidang putusan terhadap Saipul Jamil, Sholeh merasa bahwa ada sebuah konspirasi.

Konspirasi yang dimaksud yaitu Ipul dianggap telah bersalah jauh sebelum ketuk palu dalam sidang tersebut. Akan tetapi ia dan keluarga sudah siap dengan hasil akhir apakah Ipul nantinya bersalah atau tidak.

Saat sidang vonis Saipul Jamil digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, tepat sebelum dibacakan vonis, Ipul dipersilakan oleh hakim untuk memberikan beberapa komentar.

Komentar yang disampaikan Ipul adalah dirinya ingin hakim memberi vonis yang ringan dan adil. Ipul juga menganggap bahwa tuduhan terhadap dirinya selama ini tidaklah benar.

Dalam sidang putusan vonis tersebut, Hakim Ifa Sudewi menanyakan kepada Ipul apakah ia merasa menyesal. Ipul pun menjawab jika dirinya menyesal.

Namun terlepas dari penyesalannya, Saipul Jamil berkeyakinan bahwa hal yang menimpanya merupakan sesuatu yang harus dijalani dengan ikhlas dan berharap keputusan hakim adalah yang terbaik.