Menu

Tidak Jadi Dihukum , Zaskia Gotik Malah Jadi Duta Pancasila

Zaskia Gotik jadi Duta Pancasila

Zaskia Gotik jadi Duta Pancasila

Beberapa waktu lalu pedangdut cantik Zaskia Gotik mendapat kecaman dari publik tanah air karena telah  menyebut gambar sila ke-5 Pancasila sebagai gambar bebek nungging di sebuah acara televisi swasta.

Tapi setelah mendapat sorotan dan bahkan tuntutan dari berbagai pihak, penyanyi kelahiran 1990 ini malah dinobatkan menjadi Duta Pancasila oleh Fraksi Kebangkitan Bangsa MPR RI.

Awalnya Zaskia Gotik diundang oleh Fraksi PKB ke gedung MPR untuk mendapat pembekalan dan pemahaman mengenai Pancasila. Dalam kesempatan tersebut Zaskia juga diminta untuk melafalkan 5 sila Pancasila.

Menurut ketua fraksi PKB, Abdul Karding, kasus Zaskia Gotik baiknya diselesaikan secara persuasif saja. “Semua orang pasti melakukan kesalahan, jika masih bisa dibina ya kita selesaikan dengan baik. Tidak perlu segala hal dibawa ke ranah hukum,” ujarnya.

Menurut Abdul Kadir Karding dirinya sudah bertemu langsung dengan Zaskia dan pengacaranya. “Saya dorong mbak Zaskia sekalian jadi Duta Pancasila saja,” ujar Abdul Kadir. Menurut Kadir tugas Zaskia sebagai Duta Pancasila adalah mengkampanyekan tentang Pancasila ke masyarakat.

Mewakili teman-temannya dari Fraksi PKB, Abdul Kadir menyebut memilih Zaskia karena penyanyi tersebut adalah pekerja seni yang banyak bergaul di masyarakat sehingga dapat mempengaruhi masyarakat dalam memberikan pemahaman tentang Pancasila.

“Kalau pekerja seni punya efek yang besar ke masyarakat jadi mereka sangat strategis untuk menjadi duta-duta Pancasila,” jelas Abdul Kadir dikutip dari kompas.com.

Karding juga menyebut dengan menjadi Duta Pancasila, Zaskia Gotik dapat semakin bersemangat dalam mempelajari sila-sila Pancasila. “Jadi kalau artis dapat memberi contoh kepada masyarakat dan sebagai duta tentu dampaknya semakin luar biasa,” terang Karding.

Meski banyak penggemar yang mendukung penunjukan Zaskia sebagai Duta Pancasila, tidak sedikit netizen yang menolak dan menyebut langkah tersebut bermuatan politis belaka.

“Yang menghina Pancasila sekarang menjadi Duta Pancasila. Mungkin karena dia artis jadi setelah menghina bisa langsung menjadi Duta. Apa tidak ada orang lain selain Zaskia Gotik, kenapa bukan Dian Sastro atau Raisa Andriana saja. Mereka lebih pintar dan punya etika,” ujar sebuah akun di twitter.

Zaskia Gotik sendiri menganggap penunjukan dirinya sebagai Duta Pancasila adalah tantangan yang berat. “Saya memang kurang tahu tentang Pancasila dan sekarang tiba-tiba ditunjuk menjadi Duta Pancasila,” ujar Zaskia.

“Saya terima. Berarti Neng wajib belajar lebih banyak. Insya Allah ini akan menjadi bekal Neng. Neng sudah hafal sila-sila dan lambang Pancasila. Pelan-pelan Neng akan mempelajari lebih banyak. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan,” tambah Zaskia Gotik.