Menu

Sebut Gambar Sila ke-5 Pancasila ‘Bebek Nungging’, Zaskia Gotik Terancam 5 Tahun Penjara

Zaskia Gotik Dikecam Netizen

Zaskia Gotik Dikecam Netizen

Artis pedangdut Zaskia Gotik kembali menjadi bahan pembicaraan orang terutama para netizen di dunia maya. Penyebabnya karena pemilik goyang itik ini dinilai telah menghina lambang negara Indonesia.

Beberapa hari yang lalu di sebuah acara televisi dengan tajuk “Cerdas Cermat”, Zaskia mendapat beberapa pertanyaan tentang tata negara. Mungkin bermaksud bercanda, Zaskia menjawab sekenanya.

Pertanyaan pertama, tanggal berapa Indonesia merdeka, dijawab santai oleh Zaskia tanggal 32 Agustus. Jawaban ini lantas mengundang gelak tawa peserta dan penonton yang hadir di acara tersebut.

Pertanyaan kedua kembali ditanyakan oleh pembawa acara, “Apa lambang Pancasila yang terdapat pada sila ke-5? Tanpa ragu pemilik nama asli Syurkianih ini langsung menjawab, “Itik nungging,”.

Zaskia dan penonton kembali tertawa terbahak-bahak menanggapi lelucon tersebut.

Zaskia Gotik Dikecam

Sayangnya apa yang dianggap lucu oleh Zaskia ternyata ditanggapi berbeda oleh penonton siaran tersebut. Publik ternyata menanggapi serius jawaban Zaskia Shinta.

Beberapa netizen bahkan menilai Zaskia Shinta telah menghina negara dengan menyebut gambar sila ke-5 sebagai Itik Nungging. Ini terlihat dari munculnya beragam komentar di akun media sosial artis kelahiran 1990 tersebut.

“Hei kalau mau melawak ada batasnya, sebagai warga negara saya tersinggung dasar negara dijadikan bahan guyonan seperti itu,” ujar salah satu komentar di akun instagram Zaskia Gotik.

Beberapa netizen yang lain bahkan me-mention Presiden Jokowi, “Pak Jokowi tolong nih artis yang melecehkan dasar negara dipenjara saja,” bunyi komentar tersebut.

Selain mendapat kritikan keras dari netizen, Zaskia Gotik juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Fahira Idris, salah seorang anggota DPD dari DKI Jakarta karena dianggap telah melanggar pasal 57 UUD No. 24 tahun 2009 tentang lambang negara.

Berdasarkan Undang-Undang tersebut, Zaskia Gotik terancam mendapat hukuman yaitu maksimal penjara 5 tahun atau denda sebesar Rp. 500 juta.

Menanggapi polemik yang tengah dihadapinya, pihak Zaskia secara pribadi dan melalui kuasa hukumnya telah mengajukan permintaan maaf atas perbuatannya tersebut.

“Permintan maaf Zaskia Gotik sangat baik dan perlu diapresiasi. Tapi Indonesia negara hukum, bukan negara permintaan maaf,” ujar Aldwin, mewakili Fahira Idris.

Pihak kepolisian dalam hal ini Kanit I Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Komisaris Nico Setiawan juga mengatakan hal yang sama.

“Penyidik tetap akan mengusut kasus penghinaan tersebut sebab permintaan maaf tidak menghilangkan proses hukum yang berlangsung,” ujar Nico Setiawan.

Zaskia Gotik adalah salah seorang artis Indonesia yang dikenal dengan goyang itik-nya. Zaskia pernah memecahkan rekor MURI 2 tahun lalu atas keberhasilannya membuat 7 video klip dalam satu hari.

Kini hari-hari Zaskia tengah diselimuti mendung akibat gurauannya tersebut. Bagaimana akhir dari polemik tersebut? silahkan pantau terus beritanya di gosiep.com.